Kamis, 29 Mei 2014

Complicated Education (-_-)

 
Well, berawal dari tahun ajaran 1998/1999. Bokap nyokab gue memutuskan untuk menyekolahkan gue di Taman Kanak-kanak di deket rumah gue, ya soalnya masih satu komplek gitu.  TK Al-Muttaqien, begitulah nama yayasannya. Gue sekolah langsung dimasukkin TK A atau biasa disebut TK 0 kecil, yak gue 2 tahun sekolah disini karena TK A itu setahun terus lanjut ke TK B setahun juga sebelum gue lanjut ke pendidikan berikutnya yaitu Sekolah Dasar. 
Di TK ini gue mulai banyak punya temen-temen, walaupun ya temennya gak jauh-jauh amat ya tetangga-tetangga gue juga atau masih dalam lingkup satu komplek. Dan bodohnya lagi, gue pas TK tuh udah mulai suka sm cowok, ih jijik banget sekarang ngingetnya, masa masih kecil udah suka-sukaan sih -_-
Ganteng sih orangnya, tetangga gue juga, bokapnya temen bokap gue juga. Ah, tapi yaudah lah namanya juga masih kecil. Lagian suka sm orang karena ganteng itu wajar kali, yg penting jangan sampe turun ke hati yesss! :D

Pada tahun ajaran 2000/2001, 2 tahun setelah mengenyam pendidikan di TK Al-Muttaqien, terus bokap nyokab gue lanjut nyekolahin gue di salah satu Sekolah Dasar yg gak jauh-jauh juga dari rumah gue, dan ya masih satu komplek juga sih. SDN Sukmajaya 5, kalo bahasa gaulnya mah SKY 5 hahaha...
Disini gue ketemu temen-temen baru lagi, tapi lebih banyak temen-temen gue yg dari TK sih. Karena mayoritas penduduk komplek gue lebih memilih menyekolahkan anak-anaknya di SD ini. Jadi ya ketemunya mereka-mereka lagi deh. Pfft...
Di SD, otak gue bisa di bilang lumayan lah. Because what? Soalnya dari kelas 1 sampai 6 SD gue selalu dapet piala karena masuk 3 besar di kelas gue. Alhamdulillah, be a pride of my parents :)


6 tahun sekolah di SDN Sukmajaya 5 banyak bgt pelajaran dan pengalaman yg gue dapetin, salah satunya adalah sahabat. Ada beberapa yg masih lanjut sampe sekarang. Well, setelah lulus SD pasti gue lanjut ke SMP dong. Dulu buat masuk SMP Negeri itu pake NEM, dan waktu itu NEM gue pas-pasan. Gue pengennya sih masuk SMPN 4 Depok ya, karena banyak temen-temen gue yg lanjut disana. Tp bokap nyokab gue kekeuh daftarin gue di SMPN 3 Depok, yg katanya sih Sekolah Standard Nasional yg muridnya pinter-pinter gitu, nama gaulnya Bento (Benteng Barito) ya karena sekolah ini terletak di Jln Barito bro. Yaudah deh, gue masuk SMPN 3 Depok pd tahun ajaran 2006/2007.
Tapi yak, malapetaka bgt dalam hidup gue gara-gara gue sekolah disini! Karena semenjak sekolah disini gue jd salah bergaul, gue jd anak yg bandel bgt, biang kerok, suka bikin masalah. Aaaaarrrgghhh... Pokoknya banyak banget deh, gue aja sekarang nyesel bgt kalo inget-inget itu, tp itu privacy yesss. Pokoknya bandel pake banget banget banget, sering cabut sekolah malah sampe-sampe dipanggil sm Guru BK mulu gue hahaha, akhirnya gue gak bertahan lama di SMP ini karena saking bandelnya gue.
 
Waktu kelas 8 semester 2, nyokab memutuskan untuk mindahin gue ke kampung halaman gue di Klaten, Jawa Tengah. Disana tinggal dirumah mbah gue, nah mbah gue itu ditemenin sm bulik gue yg punya 3 anak cewe semua, jd kan cocok sm gue hehe anaknya yg terakhir jg masih sekolah SMA kelas XI, namanya Karlina, jd CS deh sm gue :)
Di Klaten, nyokab mutusin buat sekolahin gue di SMPN 1 Klaten atau dikenal dgn nama gaul Essaka (singkatan dari SMP 1 Klaten). Soalnya dari jaman dahulu kala, banyak saudara-saudara gue yg sekolah disitu, termasuk bokap gue pun alumni situ. Selain itu, jarak SMPN 1 Klaten sm rumah mbah gue itu gak jauh-jauh bgt, ya kepleset nyampe lah. Gimana gak kepleset nyampe, orang sekolahannya disamping rumah gue :D
Ternyata pindah ke Klaten pun gak nyelesein masalah, dikira gue bakal jadi anak baik-baik kali ya dgn pindah ke Klaten, tp ya sama aja. Malah tambah bandel gue main mulu disana. Tp ya inilah proses hidup, yg udah-udah dijadiin pelajaran dan pengalaman aja sih.
Oya, selama tinggal di Klaten pun gue bener-bener mendapat pelajaran dan pengalaman yg sangat luar biasa, yaitu saat lo pergi merantau dan jauh dr orang tua. Dimana yg biasanya lo minta apa-apa tinggal ngeluh dan dikasih, tp kalo jd anak rantau gak semudah itu bro! Lo harus bs mandiri, segalanya lah. Gue aja jd bisa nyuci baju sendiri, nyetrika sendiri, dibagi tugas buat beres-beres rumah, dan masih banyak lg. Jd ya sebenernya ada sisi positifnya jg bro :)
1 tahun setengah mengenyam pendidikan di Essaka sampe gue lulus, nyokab nyuruh gue lanjut SMA di Klaten aja bro. Yaudah, gue daftar di SMAN 2 Klaten (Smada) karena banyak temen-temen gue yg daftar disana juga. Sistem masuk SMA itu sm kaya sistem masuk SMP, yaitu pake NEM. Tp gue beda sm yg lainnya, gue ikut test buat masuk Smada karena gue pilih kelas Immercy bukan kelas reguler. Tau gak bro kelas Immercy itu apa? Itu loh yg belajarnya sehari-hari pake bahasa Inggris bro, soalnya sekolahnya lg dalam masa percobaan RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional). Eh, ternyata gue lolos test dan keterima di Kelas Immercy SMAN 2 Klaten. WAAAAWWW...
Tapi ya hahaha gak tahan lama jg bro kaya waktu SMP, gara-gara gue bandel sering cabut sekolah, sering bikin masalah jg di sekolah, eh baru 3 bulan sekolah disitu, gue kabur naik kereta pulang ke rumah gue di Depok. Pas sampe rumah di Depok gue malah gamau balik lagi ke Klaten. Yaudah, out deh dari Smada :(
Di Depok nyokab bingung mau sekolahin gue dimana, tadinya mau di sekolahin di SMAN 3 Depok karena deket rumah tp gue bilang sm nyokab kalo gue gamau sekolah di negeri, gue maunya sekolah di swasta. Nah, gue mikirnya tuh sekolah swasta yg bebas-bebas gitu yg muridnya bandel-bandel soalnya gue dulu masih bandel bgt bro. Eh nyokab malah nawarin gue sekolah di salah satu sekolah swasta yg terkenal mahal di Depok, yeppp SMA Bintara Depok. Gue sm sekali gak kepikiran nyokab bakal nyekolahin disitu, tp ya gue mau-mau aja sih soalnya ini sekolah isinya orang-orang elit hahaha
Masuk di Bintara gue pun gak banyak berubah, masih bandel suka cabut-cabutan juga. Sampe-sampe pas waktu kenaikan kelas XI gue sempet mikir buat home schooling aja, tp nyokab gak ngijinin. Yaudah gue lanjut di Bintara dgn terpaksa. Bandelnya gue itu sering gak masuk sekolah, tp gue gak masuk sekolah pun gara-gara tidur di rumah, bukan cabut kemana-mana gitu, sampe guru gue nyamperin ke rumah gue nyuruh gue buat sekolah hahaha
Tapi... setelah kelas XII gue jadi sadar. Sadar gara-gara mau UN kali ya jd takut gak lulus gue. Kelas XII gue rajin sekolahnya, prestasi gue tumbuh lagi. Buktinya aja, waktu kelulusan gue jd salah satu siswa berprestasi yg mewakili kelas gue. ya, seengganya bisa bikin bangga orang tua lah walaupun bandel-bandel gini :D




Setelah lulus SMA, gue lanjut kuliah di Politeknik Negeri Jakarta. Gue masuk PNJ ini lewat JSP, Jalur Siswa Prestasi. Itu loh yg diliat pake nilai rapot jd gak perlu ikut test. Karena waktu itu gue jg males ikut test sih, gak kepikiran masuk swasta juga. Ikut SNMPTN buat UI sm UGM gak keterima juga, yaudah gue ambil aja yg ada.
Di PNJ gue ambil jurusan MICE, yesss ini pun disuruh nyokab katanya jurusan ini bagus. In fact mah gue sama sekali gatau jurusan ini jurusan apaan, tentang apaan, dan menjurus kemana. Lagi-lagi harus tunduk sama kemauan nyokab :(
1 semester kuliah disini lumayan lah, soalnya mata kuliahnya masih dasar. Oya, di PNJ ini sistemnya paketan jd gak pake SKS. Karena sistem paketan ini, gue jd ngerasa bukan anak kuliahan yg sesungguhnya, karena jd gak bebas gitu. Bayangin aja, masa setiap hari masuk jam 07.30 terus pulangnya jam 14.40 sih? Itu setiap hari loh kecuali weekend. Kan kaya anak SMA bgt! Well, gara-gara hal tsb gue jd mulai gak betah di PNJ, apalagi gue jg gak ngerti jurusannya tentang apa yee kan. Akhirnya gue cm bertahan selama 2 semester doang di PNJ.
Nyokab pasrah, udah terserah gue mau kuliah atau enggak. Gue jg bingung bgt waktu itu, ikut test SIMAK UI jg gak lolos lg. Kalo masih mau kuliah ya pasti harus swasta lah. Akhirnya gue mulai cari-cari kampus swasta yg oke menurut gue, dan yg gak jauh-jauh jg dr rumah.
Dan yak, gue akhirnya memutuskan utk kuliah di STEKPI (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Perbankan Indonesia). Gue pilih STEKPI karena emang minat gue di Ekonomi sih, karena bokap nyokab gue latarnya Sarjana Ekonomi semua, apalagi bokap gue jg seorang dosen ekonomi, kan lumayan tuh!
Gue bilang ke nyokab gue kalo gue mau sekolah di STEKPI aja ambil jurusan S1-Manajemen, awalnya nyokab gue gak setuju dgn alesan di STEKPI itu mahal bgt. Tp alhamdulillah gue dapet beasiswa 75% di STEKPI karena gue pake jalur beasiswa nilai UN. Jd bayarannya standar lah gak mahal-mahal bgt hehe
Nyokab gue pesen, kalo sampe gue main-main lagi disini doi udah gak mau nyekolahin gue lg. Akhirnya gue bener-bener niat kuliah disini, alhamdulillah sih sampe sekarang :)

http://job-like.com/image/1/b3/ef/48/b3ef482fb27418647e0d976f64d0716e.jpg
Oya, skrg nama kampus gue ini udah bukan STEKPI lg. Skrg namanya jd Universitas Trilogi, karena kampus ini udah ngadain perluasan jurusan. Dulu, waktu STEKPI itu cm ada Bisnis aja dgn jurusan Manajemen dan Akuntansi. Tp skrg udah nambah beberapa fakultas seperti:
Bisnis: Manajemen, Akuntansi & Ekonomi Pembangunan
Industri Kreatif: Desain Produk & Komunikasi Visual
Telematika: Teknik Informatika & Sistem Informasi
Bioindustri: Agribisnis, Agroekoteknologi, serta Ilmu & Teknologi Pangan
Buat adek-adek yg baru lulus SMA dan masih bingung mau kuliah dimana, boleh nih tanya-tanya dulu tentang Universitas Trilogi ke gue, siapa tau minat terus jodoh sm kampusnya :D

Okelah bloggie, sekian cerita tentang pendidikan gue yg amat sangat rumit. Jgn ditiru ya!
Oya, pesan dari cerita gue yg ini adalah pilih kemauan lo sendiri kalo menurut lo itu baik, kalo lo nurutin kemauan orang lain tp gak baik buat lo nanti jg yg bakalan rugi kan diri lo sendiri, ya kan? :D

Well, have a nice day bloggie!

1 komentar: